Kamis, 13 Februari 2020

Perjalanan Medan ke Bali (Via Garuda Indonesia)


"Bandara Ngurah Rai, Denpasar" Sumber: Doc Pribadi

Oleh: Syafriana Sitorus

Dear, sobat catatanhijab.com,
Kali ini, aku bakalan bahas perjalanan Medan Ke Bali November 2019 kemaren. Aku sangat bersyukur banget bisa melewati perjalanan yang termasuk dalam salah satu Bouquet List aku. Hal paling menyenangkan bahwa semua perjalanan ini gratis (pesawat pulang pergi, transportasi lokal, hotel, dan uang harian) karena aku terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa Young Health Economic atau YHE (instagram:@yheps) oleh Thinkwell dalam acara The 6th INAHEA Annual Scientific Meeting and International Conference .
Thank you thinkwell, I hope the insight which I got there, could be contributed in the health system of Indonesia. *Proses pelamaran dan seleksi akan diposting pada blog selanjutnya ya.


Senin, 4 November 2019 (Departure 11.15 WIB)

"E-Tiket" Sumber: Doc Pribadi
Saya dijadwalkan berangkat dari KNO (Kuala Namu International Airport). Panitia memesan seminggu sebelumnya dengan penerbangan paling cepat dan transit tidak lama menuju bandara DPS (Ngurah Rai International Airport). Tiket sudah dipesan pulang pergi dengan persetujuan kita via Garuda Indonesia. Harganya sekitar IDR 7.362.000 untuk pulang pergi (Sudah free bagasi 20kg, food and entertainment. Namun, anda bisa memilih maskapai lainnya yang lebih murah dengan 1 kali transit di Jakarta tanpa fasilitas per satu kali perjalanan seperti Lion Air (IDR 1,4 juta), Citilink (IDR 2 juta) dan Batik Air yang fasilitasnya hampir sama dengan Garuda Indonesia. Jika transit dengan maskapai tersebut, kalian liat berapa lama transitnya. Bahkan ada yang 6 jam. So, liat betul-betul deskripsinya sebelum memesan.


Pada perjalanan ini, transit hanya pindah pesawat saja ke pesawat yang lebih besar (dari B727-800 ke A330-300). Penerbangan Bali di delay menunggu kedatangan kami.
"Meal on Flight" Sumber: Doc Rahmat Dhani (saya tidak sempat foto)

Oh ya, penerima beasiswa ini di Sumatera Utara hanya 2 orang (pertemuan ini dihadiri YHE dari berbagai provinsi di Indonesia). Selama perjalanan dari Jakarta ke Bali, disarankan untuk tidak tidur ya sobat. Sayang banget soalnya view nya cantik banget. Saat perjalanan ini diperkirakan kami sampai hotel maghrib (Bali masuk area WITA) dan kami tidak transit lama, jadi sholat jama’ tetap dilakukan didalam pesawat. Sebenarnya, perut full juga jadinya karena kita diberikan makanan berat selama di pesawat (so, tidak perlu membeli makanan atau minuman lagi). Kamu juga tidak akan bosan, karena bisa menonton hiburan dan free handset khusus agar bisa mendengar dengan jelas (btw, movie without translation ya).

"Counter Bus dan Taxi Bandara" Sumber: Doc Pribadi
Setelah sampai, anda jangan khawatir tersesat. Pada saat ini, Bandara Ngurah Rai sedang direnovasi dan mengalami perluasan. Beberapa lokasi dibatasi oleh seng namun tidak mengganggu perjalanan anda karena tertata banget. Desainnya masih kental dengan nuansa Bali dan tersedia beberapa spot foto untuk kenang-kenangan. Selain itu, pengambilan bagasi jalurnya sama seperti bandara lainnya searah dengan pintu keluar. Kamu bisa memilih naik Taxi legal (counternya tersedia dipintu keluar) atau memesan secara online. Harganya ditetapkan sesuai jarak anda (Bandara ke BNDCC sekitar Rp.100.000 termasuk parkir dan toll). Katakan saja tempat tujuan anda maka mereka akan mengantar sesuai tempat plus membawa barang-barang anda. Biaya akan lebih murah jika anda berangkat dengan teman.


"BNCC Tampak Dalam" Sumber: Doc Pribadi
Venue kami berlokasi di Kawasan Nusa Dua. Kawasan ini lumayan jauh dari pusat kota yang berada di Selatan Pulau Bali dan sangat terkenal dengan resort mewah serta pantai-pantai eksklusif dimana para turis bisa melakukan surfing (ombaknya tinggi) atau sunbathing (berjemur). So, gak heran kalo disini banyak orang yang berbikini termasuk banyaknya club malam. Apalagi sore sampai tengah malam, rame bangets. Jika kamu sudah tinggal di hotel itu, tidak dikenakan biaya masuk ke pantai (alias gratis). 
 *Review pantai dan hotel di publish di tulisan selanjutnya. 
Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) adalah pilihan tepat untuk mengadakan acara internasional karena tersedia banyak ruangan yang luas sekaligus penginapan yang sangat nyaman. Jadi, walau jauh dari pusat kota, tetap bisa cuci mata dengan keindahan pantai-pantainya.


Jum’at, 8 November 2019 (Departure 18.20 WIB)

"Kerajinan Tangan" Sumber: Doc Pribadi
Perjalanan pulang sama dengan perjalanan pergi harus transit sebentar untuk pindah pesawat di Jakarta (CGK). Sebelum pulang, pastikan anda telah membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman dekat. Bali terkenal dengan baju dingin atau baju pantai Bali, tas anyaman dan kerajinan tangan seperti patung-patung atau topeng, perlengkapan lulur, lilin aromaterapi, mukena Bali, serta makanan (kacang-kacangan, pie susu, roti durian dan lainnya). 

Oleh-oleh ini dapat dibeli di Krisna, Joger, dan lainnya yang banyak di Jalan Raya Kuta. 






"Garuda Indonesia -Taking Off" Sumber: Doc Pribadi
Perjalanan pulang ini kami memesan mobile online yang harganya lebih murah Rp. 60.000. Pada saat masuk ke pintu masuk bandara, ada gapura yang sangat indah. Anda bisa mengambil foto disini. Selain itu, pada saat check in, pastikan barang anda tidak tercecer dan lihatlah tanda petunjuk-petunjuk yang ada karena Bandaranya sangat luas dan anda bisa tersesat. Lihat counter check in sesuai maskapai anda yang berada di lantai dasar. Jika penerbangan Garuda Indonesia berada disisi sebelah kiri setelah masuk. Tanyalah kepada petugas jika anda bingung.
***Sekian cerita dari saya, semoga bermanfaat.
Saya do’akan anda bisa ke Bali dan menikmati pantainya yang sangat indah.

Wassalamu’alaikum. bye bye sobat.


22 komentar:

  1. Bersyukur sekali ya dapat beasiswa gitu, bisa dibiayai perjalanan begitu. Apalagi lokasinya adalah daerah wisata yang sangat terkenal gitu.

    BalasHapus
  2. Selamat yaa Syafriana... terpilih sebagai penerima beasiswa Young Health Economic atau YHE. Keren x ah, mengharumkan nama orang tua dan provinsi Sumatera Utara juga lah yaa. Btw itu gimana caranya bs ikutan event nya, pingin tau buat anak someday, hihi. Tfs yaa

    BalasHapus
  3. Ahh enaknya jalan jalan ke Bali apalagi gratis. Hebat euy prestasinyaa
    Sukses selaluyaaa

    BalasHapus
  4. MasyaAllah, Mabruk atas keberuntungannya.
    Mau dong info cara buat karya ilmiah nya.

    saya pernah ke Bali juga Alhamdulillah.
    Bersama Tim Dokumenter, untuk menyelesaikan salah satu tugas akhir kuliah.

    Travel Guide to Bali. Dan berharap bisa buat yg Travel Guide to Another Country haha Amin ya rabb.

    Waktu kesana November 2019 panas banget ga?
    Karna saya dulu ngerasa kepanasan banget dan semenjak itu ga pengen kebali lagi. Meskipun disana alhamdulillah banyak dapat destinasi wisata. Karna kan Judulnya jg Travel Guide, jadi kami ambil segala macam dari kuliner, sport, dll. Termasuk juga ke Joger alhamdulillah.

    seneng ya syafrina.. jadi pengen juga menang lomba yg seperti ini hahaha. yarabb. Tipsnya dong.. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. nyambi ya kak..
      Sama. Ana juga memanfaatkan waktu sorenya dan malam untuk jalan-jalan. soalnya padat banget tiap hari kegiatannya.

      Panas banget kak.. Orang disana sama bule ramenya pas pagi (jogging dan sunbathing) sama sore/malam hari kak.
      Jogger lengkap banget kak.
      Storenya juga udah gayak supermart

      Hapus
  5. Kerennya dapet beasiswa ♥️..
    Asyik banget ya perjalanan Medan Bali.. semoga kami juga berkesempatan merasakan perjalanan keren ini

    BalasHapus
  6. Seru bangeeet, jenjalannya gratis 😍 naik Garuda pulak. Krisna mmg terkenal ya sebagai toko oleh oleh di Bali 👍 jd kaka beli apa aja disana? 😁

    BalasHapus
  7. Mantap nih jalan-jalan ke Bali. KAlau gratis sih aku juga manfaatin buat pake garuda aja, dibandingkan yang lain. Soalnya emang lebih nyaman. Apalagi kalau bawa nak-anak, enak bisa dapet boneka or mainan. Xixixi... Karena Alhamdulillah udah pernah nyicip hampir semua maskapai. JAdi emang terasa bedanya. Jadi wajar harga tiketnya juga jauh lebih tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muantaps kak. kalo udah ngerasain semuanya jadi kerasa perbedaannya ya kak. hihi
      Alhamdulillah kk dyah

      Hapus
  8. Keren banget Syafriana.... Sukses terus ya... Semangat.Dapat Beasiswa plus jalan jalan. Bangga deh

    BalasHapus
  9. MasyaAllah.. selamat untuk beasiswanya. Enak memang kalo ke Bali dapet "gratisan". Saya juga pernah kesana dari kantor dan naik Garuda juga. Di bandara Ngurah Rai juga viewnya bagus banget, langsung lepas pantai. Nggak heran Bali jadi destinasi wisata yang nggak pernah ngebosenin untuk kesana.
    Capeknya pas transit kita harus jalan lumayan jauh di terminal 3 nya untuk ganti pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. makasi kk..
      Iya betul kak. jauh banget pindah pesawatnya

      Hapus
  10. Bali pesona yang indah. Sedikit-dikit pantai dan pantainya memang benar-benar jernih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. bagus banget. ombaknya juga tinggi sih. banyak yang surfing

      Hapus

Semoga bermanfaat

Artikel terpopuler