Rabu, 05 Februari 2020

Air Putih, Obat dari Segala Obat


Oleh : Syafriana Sitorus
Sumber: Gambar diambil dari google
Air putih sebagai obat? Apa maksudnya? Berbagai pertanyaan muncul ketika statement itu dikatakan. Kenapa? Jawabanya karena masih banyak diantara masyarakat yang belum mengetahui fungsi sebenarnya dari pengkonsumsian air putih setiap hari. Mereka berfikir air putih hanya keperluan yang akan dikonsumsi disaat haus.

Air adalah senyawa kimia terbanyak yang terdapat didalam tubuh. Pada orang dewasa terdapat 60% dari BB (Berat Badan) dan pada anak-anak 75% dari Berat badan. Air memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia seperti berperan aktif dalam banyak reaksi biokimia,  berperan sebagai media transpor proses-proses intra sel (sebagai pelicin) dalam mengangkut makanan dan oksigen, sebagai media dalam membasahi sel/ jaringan, penentu penting dari sifat-sifat makro molekul seperti protein, pengatur suhu tubuh, dan sebagai penjaga kesetimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Di dalam tubuh manusia, 60% air tadi dialokasikan sebanyak 40% nya terdapat dalam sel (intrasel), 15% nya di luar sel (ekstrasel), dan 5% nya dalam plasma darah. Jelas sudah bahwa dalam tubuh manusia mengalir air yang termasuk dalam katagori elektrolit kuat. Itu sebabnya manusia bisa kesetrum di saat memegang langsung arus listrik.

Tanpa air, seluruh sistem manusia tidak dapat bekerja karena manusia memiliki berbagai sistem, mulai dari sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem perkemihan, sistem reproduksi dan sistem lainnya yang tergantung pada air. Sehingga air merupakan keperluan pokok yang harus terpenuhi baik kualitas maupun kuantitasnya agar tidak terjadinya penyakit.


AIR PUTIH
Air putih merupakan air yang dikonsumsi manusia karena mengandung mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Air putih tersebut harus memenuhi persyaratan air minum yang aman secara fisik, kimia dan biologi. Setiap orang diwajibkan mengkonsumsi air putih minimal 2 Liter/hari ( 8gelas). Apabila kurang dari nilai yang ditetapkan, maka penyakit akan mudah datang.

Sumber air minum ada tiga yaitu air tanah, air permukaan dan air hujan. Tetapi air hujan tidak mengandung mineral sehingga jarang dimanfaatkan. Walaupun begitu, masih banyak daerah di Indonesia yang memanfaatkan air hujan sebagai air putih karena kurangnya produksi air di tanah mereka. Hal ini tidak menjadi persoalan, yang penting pengkonsumsian air tiap orang terpenuhi. Hanya saja mineral yang diperlukan oleh tubuh harus dikonsumsi dari makanan lain seperti sayuran dan buahan.

Air putih  masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan dan dikeluarkan melalui ginjal berupa urin, keringat, dan feses. Sebagian lain dikeluarkan berupa sekret tenggorokan, hidung, mulut dan susu. Apabila konsumsi air kurang maka bisa menyebabkan kekurangan air (dehidrasi). Untuk melihat takaran air yang telah kita konsumsi, bisa dilihat dari warna urin. Warna urin yang normal adalah putih. Selain warna putih, maka bisa disimpulkan ada indikasi penyakit di dalam tubuh.


OBAT DARI SEGALA OBAT
Obat adalah segala hal yang bermanfaat menyembuhkan atau mencegah terjadinya penyakit. Obat tidak selamanya berbentuk tablet atau cairan, obat juga bisa diperoleh dari alam (air, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan lainnya). Banyak pengobatan alami yang dijadikan alternatif. Nenek moyang kita juga dulunya menggunakan sumber daya alam sebagai "swamedikasi (penyembuhan sendiri). 

Air adalah zat yang paling banyak di tubuh manusia. Maka seseorang yang mengalami penyakit diharuskan mengkonsumsi air putih banyak-banyak supaya seluruh proses sistemnya yang terganggu bisa lancar.

Seorang penderita DM (Diabetes Mellitus) yang dikenal sebagai penyakit Kencing Manis menemui seorang dokter spesialis internist (organ dalam). Perempuan 50-an itu baru dinyatakan menderita kencing manis setelah mengalami beberapa keluhan. Jadi, belum terlalu parah untuk diobati. Ketika berkonsultasi dengan si dokter, perempuan tersebut merasa lebih lega karena pasti akan diberikan obat. Pemeriksaan urin pun dilakukan untuk membuktikan hubungan gejala dengan potensi penyakit yang dialami. Si dokter memberikan resep dan menyarankan untuk mengurangi konsumsi gula terutama teh manis atau kopi, memakan beras yang tidak atau sedikit mengandung gula serta yang paling penting adalah banyak mengkonsumsi air putih.

Fakta diatas hanya salah satu dari banyak kasus dalam dunia pengobatan. Air putih merupakan obat yang tidak dilupa diberikan para dokter ke pasiennya karena obat-obat yang diberikan untuk si pasien tidak akan terabsorpsi tanpa adanya air. Apalagi pada orang-orang yang mengkonsumsi banyak obat, orang yang aktivitasnya padat, orang yang banyak duduk, dan orang yang sering terpapar sinar matahari memerlukan air putih yang lebih dari orang yang normal agar tidak merusak sistem yang sedang bekerja.

Bahkan ketika seseorang demam, sakit kepala atau mual-mual, hal yang paling dianjurkan bukan mengkonsumsi obat yang beredar dengan segala jenis merek tetapi mengkonsumsi air putih lebih dari 2 liter agar cairan dalam tubuh yang telah hilang bisa tergantikan kembali. Suhu tubuh yang tinggi pun bisa diseimbangkan kembali sehingga seseorang bisa kembali normal. Apalagi jika air tersebut hangat. 

Oleh karena itu, Air putih memang merupakan obat dari segala obat yang tidak menimbulkan efek samping, aman dikonsumsi, murah, efesien, mudah dijangkau dan memberikan khasiat atau manfaat yang banyak bagi manusia.


*tulisan telah dipublikasikan oleh Koran Harian Analisa pada tahun 2013, hanya dilakukan beberapa penambahan dan revisi sebagai info terupdate di tahun 2020

21 komentar:

  1. Saya kadang lupa minum. Kurang kali minum air putih. Harus mulai berubah nih
    Tq sharingnyaa

    BalasHapus
  2. Nah..
    Biasanya anak-anak kalo lagi sakit suka request..
    "Mama, bacain air minum lah.. biar sehat"

    Jadi mereka langsung ingat, air minum tambah doa ayat Al Qur'an adalah ikhtiar buat sembuh .sebelum masuk obat kimia .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini betul banget kak.. Minimal bismilah sih kak..
      Kalo menurut penelitian. Molekul Airnya jadi membentuk kristal sama dgn kristal air zam zam.

      Hapus
  3. Banyak² minum air putih memang pesan yg selalu harus diulang-ulang terutama untuk anak². Apalagi minumnya baca bismillah dulu ya. Tfs Sis. Pernah dimuat di Analisa nih ya, mantul.

    BalasHapus
  4. Dulu pas anak-anak malas sih minum air putih. Setelah beranjak dewasa baru merasa kalau air putih ini nyegerin dan harganya juga murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sekarang udh marak banget campaign "bring your own tumbler". Jadi lebih sehat, irit dan ramah lingkungan ya kan kak

      Hapus
  5. Ku suka minum air putih 😍 Dan mmg sekeluarga kudu pada diingetin minum air putih, kadang dicucupkan ke mulutnya haha

    BalasHapus
  6. Dari dulu sudah dengar manfaat dari air ini, tapi tetap saja minum air harian saya masih dibawah 2 ltr. Duh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak. Asalkan jangan kurang 1 liter kak. Dehidrasi nanti. Kalo pun gak sampe 2 liter minimal dapat juga airnya dari makan buah

      Hapus
  7. Nah ini perlu. Banyak minum air putih biar tak mudah sakit. Aku sih meski sering minum kopi, tetap ada minum air putih juga. Soalnya kalau tak minum air putih, pinggang jado sakit. Tak jarang juga kalau konsumsi air putih kurang, aku jadi sakit. Beneran lho. Ini bagus mah air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuls kak.. Next juga ada tulisan tentang LBP (low back pain) alias sakit tulang punggung belakang. Tpi nunggu konfirmasi koran dulu, baru deh di post di blog sendiri.

      Hapus
  8. Mama saya selalu menyuruh minum air putih saat bangun tidur di pagi hari. Katanya biar badan sehat. Bener juga ternyata ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini udh muantaps banget kk. Memang disarankan pagi2 harus minum air putih sebelum kumur2 atau sikat gigi.

      Hapus
  9. SAya ini termasuk yang sering lupa minum, dan males minum.
    Sedang diupayakan agar minum cukup. Bahkan saya donlot aplikasi pengingat untuk minum haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaps.. Aplikasi pengingatnya apaan kak? Mungkin bisa share

      Hapus
  10. Kalo ini saya selalu jaga kk,, secara air putih adalah segalanya, apalagi utk diet wajib bnyk minum hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's absoultely right kak. Semangat dietnya kk

      Hapus

Semoga bermanfaat

Artikel terpopuler