Senin, 16 September 2019

Cara Membuat "Motivation Letter" (How We Write Motivation Letter Correctly"

Internship Team From Different University (University of Arkansas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Esa Unggal, Universitas Indonesia, Institusi Pertanian Bogor, Universitas Syiah Kuala)
Tulisan ini saya buat sebagai pengingat 3 tahun berlalu setelah mendapatkan kesempatan setelah mengikuti serangkaian seleksi setelah dinyatakan lulus dan menyandang gelar "Sarjana". Alhamdulillah.

Seiring era digital, dokumen penting tidak repot lagi mengarsipkan atau bahkan membuatnya. Kita tinggal "simpan" dikomputer/ laptop dan dapat digunakan kembali untuk keperluan lain. Bahkan beberapa perusahaan/ instansi tidak lagi menerima "dokumen kertas" yang dikirim ke kantornya sebagai salah satu persyaratan menjadi pegawai disana. Mereka hanya meminta dokumen tersebut dikirimkan lewat email (softcopy file) termasuk "Motivation letter".  

Kalian juga bisa mencari contoh untuk pembuatan motivation letter (MoL) lagi. Jadi jangan malas ya readers. Hal yang perlu kalian pahami sebelum membuat MoL yaitu kenali perusahaan/ instansi yang kali tuju. Apakah mereka meminta dokumen ini atau tidak (istilahnya, jangan sok kepintaran yak!). Hal ini akan menggambarkan diri kalian dari sebuah file bernama "Motivation Letter". Berikut contoh MoL saya yang lulus seleksi nasional untuk penerimaan Beasiswa Magang INDOHUN di Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dimana Menterinya saat itu adalah Ibu Puan Maharani. Beberapa teman saya menggunaka MoL dalam bahasa inggris tergantung universitas asalnya (Indonesia atau Luar Negeri). Jadi harus membaca persyaratannya dengan betul-betul ya guys. 

dokumen pribadi: syafriana sitorus


MOTIVATION LETTER

Yth.
Panitia Seleksi Magang Kemenko PMK RI
INDOHUN

Surat pernyataan motivasi ini saya tulis untuk mengekspresikan minat saya dalam melamar sebagai staff magang yang dilaksanakan oleh INDOHUN di Kemenko PMK RI (Kementerian Kooordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) khususnya untuk bidang “One Health” pada periode magang bulan Oktober 2016.
Ketertarikan saya dilandasi atas latar belakang pendidikan saya di bidang Kesehatan Masyarakat, dengan pendidikan yang telah saya tempuh selama 3,5 tahun (2012-2016) di FKM USU. Sehingga saya berhasil mencapai gelar ‘Sarjana Kesehatan Masyarakat’ dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’. Banyak hal yang telah saya pelajari selama masa perkuliahan sehingga kelulusan tersebut diraih bukan sekedar menjadi mahasiswa tetapi dengan berbagai pengalaman organisasi, training, seminar, kepanitiaan, kepenulisan, dan penelitian yang saya ikuti (terlampir di Curriculum Vitae saya).
Tujuan saya mendaftar magang di Kemenko PMK RI yaitu untuk belajar lebih banyak mengenai administrasi dan kebijakan kesehatan serta penyakit menular dan tidak menular di lembaga pemerintahan ini. Hal tersebut sangat berguna untuk karir saya kedepannya dan manfaatnya di lingkungan masyarakat sehingga Derajat Kesehatan (Quality of life)  dan Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) di Indonesia meningkat, penyakit menular dan tidak menular bisa dicegah serta akses pelayanan kesehatan terjangkau dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.
Saya telah membaca visi dan misi Kemko PMK dan struktur organisasinya sebagai tambahan pengetahuan saya. Pada bagian “Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan”, saya bisa mengambil peran sesuai dengan kualifikasi yang saya jelaskan diatas khsususnya pada bagian “Asisten Deputi Pelayanan Kesehatan” atau “Asisten Deputi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit”. Posisi magang tersebut sangat erat kaitannya dengan visi INDOHUN “One Health” mengenai ‘Health Policy and Administration’ dan ‘Zoonotic and Communicable Disease’.
Saya bisa bekerja tim dalam setiap pemecahan kasus-kasus kesehatan masyarakat berdasarkan pengalaman saya dalam penelitian dan materi-materi yang telah saya pelajari. Saya mampu bekerja keras dan bersosialisasi dengan lingkungan saya. Besar harapan saya, bisa bergabung dan belajar banyak di Kemenko PMK RI ini.
Sekian dan terima kasih. Semoga Bapak/Ibu panitia seleksi magang Kemenko PMK RI dari INDOHUN dapat mempertimbangkannya. Wassalam.
                                                                                              Medan, 26 September 2016
Hormat Saya,


(Syafriana Sitorus, SKM)


*Noted: Cerita keseharian selama berada di wilayah kementerian, saya post di blog ini juga. Kami disebar dibeberapa Kementerian dan Lembaga yang dipilih dari berbagai Universitas di Indonesia dan Dunia yang merupakan Warga Negara Indonesia. FYI, Internship ini berupa "Beasiswa" sehingga bisa menutupi biaya hidup selama di Jakarta Pusat. Setelah magang, kami diwajibkan membuat "Report and Daily activities" dalam Bahasa Inggris. So, Kalau kamu harus baca betul input sampai output program yak. Selamat membaca dan mencoba your own journey.

12 komentar:

  1. Wah keren sekali adekku iniii,
    Sekarang ana kerja dimana?
    Kakakku dulu juga skm USU, tapi udah lama banget hahaha taon 2000an, btw kenal Sahira yang sekarang kerja di izi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you kak. Tahun ini di FK USU kak. Sebelumnya udah di Kemenkes juga kontrak.
      Kenal dongs kak..She is one of bestie kk. Tanyalah yg namanya Syafriana. She knew me so well kak.

      Hapus
  2. Seandainya waktu boleh diputar, wkwkwk
    saya mau magang juga ah di kementrian. Pasti sarat ilmu banget itu.

    Apalah daya, dulu awak magang cuma di corporations persinyalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah kak. Dimana saja yang penting ilmunya sesuai passion dan background kita kak

      Hapus
  3. Keren nih. Aku juga sekarang lagi cari ilmu buat mengajarkan dan mengajak anak-anak buat magang sejak dini. karena manfaat magang banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak. Iya. This is as bridge to catch other dreams kak.. Apalagi pengalaman dan bertemu orang yang humble dan luar biasa

      Hapus
  4. Masih di Jakarta nih Syafriana? Adik saya (cewek) S1 nya FKM USU, S2 FKM UI sekarang kerja di Balitbang Kemenkes di Jkt. Mana tau kalian bisa saling kenal ya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah. berarti senior saya dong mba. maybe saya kenal. Apalagi kemaren saya ikut project penelitian dari Balitbang.

      Hapus
  5. Wuah,mantap sekali. Cocok sekali untuk saya yang lagi otw tamat. Bisalah nih bungkus langsung cara penulisannya dan coba-coba diprakktekin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba. ini Motivation Letter tergantung tempatnya ya mba. kalo untuk beasiswa lebih kompleks lagi, next insya Allah saya share

      Hapus
  6. Mantappp bisa lah kak nyobain LPDP jg hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. On progress mba. Doain yah. Cukup sudah pengalamann dilapangan. mau lanjut studi dulu :D

      Hapus

Semoga bermanfaat

Artikel terpopuler