Senin, 26 Agustus 2019

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

sumber: esc-asia.com

Oleh: Syafriana Sitorus

Memiliki berat badan yang ideal dan sehat merupakan dambaan setiap orang khususnya kaum perempuan. Berat badan yang ideal bisa dilihat dari ukuran Indeks Masa Tubuh (IMT) yaitu antara berat badan, tinggi badan dan umur. Adakalanya seseorang mudah sekali naik berat badannya tapi buat sebagian yang lain sangat susah sekali dan butuh usaha keras untuk menaikkan berat badan (termasuk saya :D).
Berat badan yang berlebihan bisa beresiko untuk terjadinya obesitas. Obesitas berasal dari kata “Obese” artinya lemak tubuh yang melebihi (diatas) ketentuan normal. Menurut WHO (World Health Organization) bahwa Obesitas adalah bentuk abnormalitas atau akumulasi lemak yang berlebihan yang dapat mempengaruhi kesehatan. Obesitas sekarang menjadi masalah kesehatan utama di negara maju dan berkembang. Hal ini dikarenakan ketika seseorang dikategorikan obesitas maka mempermudah timbulnya penyakit – penyakit degeneratif lainnya seperti jantung koroner, hipertensi, stroke, dan lain-lain (Kebetulan lagi penelitian tentang ini, jadi banyak baca dan obesitas adalah faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) ini) . Oleh sebab itu, perlu bagi kita untuk mengetahui tata laksana untuk menurunkan berat badan yang sehat sehingga imunitas tidak terganggu.

Adapun cara sehat untuk menurunkan berat badan yaitu:

Seringlah Makan Makanan Berserat
Makanan berserat adalah makanan yang dapat melancarkan sistem pencernaan (gastrointestinal). Makanan berserat juga banyak mengandung zat-zat gizi terutama vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Contoh makanan berserat yang baik dikonsumsi setiap hari oleh orang yang ingin menurunkan berat badan seperti sayuran dan buah-buahan. Apabila ada riwayat asam lambung, hindari buah-buahan yang dapat menaikkan asam lambung seperti mangga, nenas, jeruk, dan lain-lain.
Makanan berserat berfungsi untuk menjaga perut tetap kenyang, sehingga seseorang mungkin cenderung akan makan makanan yang berserat lebih sedikit pada setiap kali makan. Manfaat lain yaitu untuk menurunkan berat badan yang berlebihan karena banyaknya penumpukan zat karbohidrat dan lemak yang tidak dapat dicerna. Karbohidrat dan lemak yang tidak dapat dicerna ini dibuang lewat tubuh melalui serat yang mengikat atau membawa kotoran dan lemak bersamanya. Hal ini bisa membuat turunnya akumulasi lemak dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan.
Banyaklah Minum Air Putih
Air putih merupakan minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Tanpa kandungan atau tambahan zat apapun didalamnya, membuat air putih sangat diperlukan oleh tubuh khususnya organ-organ penting yang 70% dialiri oleh air. Air putih dapat membuatnya tetap bersinar, menjaga kehalusan kulit anda, membantu melancarkan pencernaan, dan juga membantu menekan nafsu makan anda. Konsumsi air putih yang dianjurkan per harinya adalah 2 liter/ 8 gelas.

Olahraga Teratur Minimal 2-3 Kali Seminggu (doc.Pribadi Kak Fina)
Seringlah Berolahraga
Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang dapat membantu melancarkan dan menstimulus kerja organ-organ vital dalam tubuh manusia. Olahraga bisa dilakukan sebagai penyeimbang antara asupan makanan yang dikonsumsi dengan aktivitas yang dilakukan oleh orang yang mempunyai berat badan berlebih. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, senam, berenang, bermain futsal, bulu tangkis, dan lain-lain. Olahraga ringan tersebut bisa dilakukan selama empat puluh menit setiap harinya.
Bagi kalian yang ingin mencari cara diet untuk menurunkan berat badan 10 Kg dalam dua minggu, saya sarankan agar sebaiknya membuang ide semacam itu karena cara itu sangat tidaklah sehat. Sebagai gantinya, anda dapat menjalankan diet yang sehat seperti yang disebutkan diatas karena diet itu dapat dilakukan secara rutinitas selamanya dan akan menghasilkan penurunan berat badan yang secara bertahap. Jadi terapkan tips-tips diatas mulai sekarang juga pada kehidupan anda agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat, langsing dan fit!
Jalankan Sebuah Diet Yang Seimbang
Untuk menurunkan berat badan secara sehat, sebuah keseimbangan dalam diet harus diperhatikan. Diet yang seimbang maksudnya adalah mengkonsumsi makanan yang memenuhi 5 komponen penting zat gizi mikro yang diperlukan per harinya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral namun dengan porsi yang cukup dan zat gizi makro seperti kalsium, magnesium, natrium, dan lainnya. (So, hilangkan persepsi makan nasi setiap kali makan ya.)
Kurangi Konsumsi Protein dan Lemak
Makanan Tinggi Lemak yang Menggoda
(doc. Pribadi)
Makanan yang mengandung protein tinggi sepeti daging, telur, brokoli dan ikan adalah sebuah keharusan dalam menu makanan seseorang.  Protein membantu membentuk otot dari lemak-lemak dan itu bisa membantu proses penurunan berat badan. Lemak sehat seperti yang ditemukan di dalam minyak zaitun (olive oil) sangat dibutuhkan oleh tubuh kita agar bisa tetap dalam kondisi sehat. Jadi, tambahkan makanan jenis ini untuk menurunkan berat badan sebesar 10 Kg.
Makanlah Makanan Rendah Kalori
Banyak diet untuk  menurunkan berat badan merekomendasikan seseorang agar jangan mengkonsumsi karbohidrat agar dapat menurunkan berat badan. Bagaimanapun juga, ini bukanlah cara sehat untuk menurunkan berat badan. Karbohidrat adalah bagian penting dari keseimbangan dalam berbagai makanan, ia memberikan tubuh kita energi untuk melakukan tugas harian kita. Malahan seseorang harus memasukan karbohidrat kompleks kedalam menu makanannya seperti yang ditemukan di beras merah, nasi, cereal, roti gandum, dll.
Anda akan terkejut jika tahu ada beberapa makanan tertentu yang mengandung kalori jauh lebih rendah dari yang diperlukan oleh tubuh untuk mencernanya! Jadi, tambahkan makanan semacam ini kedalam menu makanan diet anda setiap hari yaitu seperti tomat, ketimun, apel, kubis, selada, lobak, kol kembang, wortel, persik, anggur, semangka dan lemon.
So, hijab healties, ini berlaku untuk semua jenis kelamin ya. Adakalanya rutin cek IMT deh. Bisa dihitung manual atau dari google (tinggal masukkan berat badan dan tinggi badan). Jadi bukan lagi asumsinya “Sehat harus Gemuk ya, Tetapi ideal lah yang penting”. Semoga bermanfaat. Don’t forget to share with your friend. It can also help their diet program.

13 komentar:

  1. Awak kurus kurus gini diet juga loh.. Tapi bukan untuk nurunin berat badan, tapi nurunin ukuran lingkar pinggang.
    Karena ukuran pinggang yang di atas ukuran bisa memicu banyak penyakit serius.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang lingkar pinggang kaka berapa? udah sampe 100 kah?

      Hapus
  2. awak sering diet yang gak konsisten hiks...
    gimana mau konsisten, awak ni termasuklah yang taat aturan.
    tapi sejak punya anak, tak bisa lagi mengatur pola makan.
    anak makannya sering gak habis, tepaksa lah awak ngabisin (seneng sih hihihihi), supaya gak mubazir...

    Mubazir kan temennya syaiton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuls kak. Daripada mubazir ya kak. Tapi selama masih normal jika dilihat dari IMTnya gak masalah kak

      Hapus
  3. Ini aku lagi coba diet juga, dimulai dari diet karbo dari nasi putih. Soalnya aku pecinta karbo sejati, terutama nasi putih dan berbagai jenis mie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak. Itu bagus kali untuk dimulai diet nasi putih kak. kalo mau tetap makan nasi, ganti dengan beras merah kak

      Hapus
  4. Diet.. duh pengennya dari dulu tapi ekentasinya gak ada. Xixixi.. masih susah ninggalin makanan bergluten. kayak mie ayam, bakso, siomay, pempek. xixixi.. tapi makasih sharingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dimakan kak. Tapi bejadwal kak. Misal seminggu sekali aja. Terus kalo makan, minum banyak air putih.

      Hapus
  5. Ini memang isu terhits bagi buibu lah, tp suami saya complain dia kl awak kuruslah. Ktnya cantiknya buibu itu mmg agak gemuk, berisi hihi.. (tp gak obese lah yaa)

    BalasHapus
  6. hmmmm....gak tau lah. ini artikel dilema mak emak yakan. suami bilang dia gak nuntut istrinya gemuk. eh pas ngaca ya Allah gomuk nya lah aku sekarang. engap juga yakan. hmmm tapi ini ok juga klo dijalankan.

    BalasHapus
  7. Aku nih mbak, bulan ini agak gemukan, mau diet juga sih rencana. Makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  8. Biasanya yang paling bermasalah dengan berat badan adalah perempuan atau emak2...
    Tpi laki juga harus idial lah bb nya.... Terima ksih tipsnya kk...
    Artikelnya mantulll....

    BalasHapus

Semoga bermanfaat

Artikel terpopuler