Rabu, 07 Agustus 2019

Tips Tampil Percaya Diri Di Depan Umum


Salah satu siswa SD Kebon Pelok Cirebon Berani Tampil Ke Depan
Oleh: Syafriana Sitorus 
Tampil percaya diri di depan umum merupakan keinginan setiap orang. Oleh sebab itu, banyak juga terdapat kursus-kursus yang melatih “Public Speaking” untuk bisa tampil di depan umum. Sebab, kebanyakan orang menganggap tampil percaya diri di depan umum perlu pelajaran seperti pelajaran formal lainnya. Namun, sesungguhnya hal tersebut muncul dari diri sendiri.
Percaya diri (Self confidence) merupakan kemampuan yang sangat penting dalam diri manusia dan harus selalu diasah agar terus meningkat dalam keadaan, tempat, dan waktu apa pun. Rasa percaya diri membuat proses sosialisasi antara manusia berjalan dua arah. Mereka yang gugup dan tertutup mencerminkan pribadi yang “Tidak Percaya Diri” sehingga biasanya sulit untuk tampil atau mengekspresikan diri secara bebas dan berstruktur dari gerak-gerik maupun tutur kata di depan umum.
Percaya diri bukan merupakan sifat yang diturunkan tetapi sesuatu yang secara alami bisa diperoleh jika terus belajar. Sehingga setiap orang mempunyai peluang yang sama untuk bisa tampil di depan umum dengan memukau. Pembicara seminar, Motivator, dan Trainer merupakan contoh pekerjaan yang memerlukan rasa percaya diri untuk berbicara dan berinteraksi dengan khalayak ramai. Mereka terus terlatih ketika berkali-kali tampil dalam keadaan yang berbeda-beda.
Bahkan seorang Perdana Menteri Britania Raya sekelas Winston Churchill pun mempersiapkan dirinya selama berhari-hari saat harus berbicara di depan parlemen Inggris. Ia juga merasakan hal yang sama dengan manusia pada umumnya, kegugupan. Untuk mengatasinya bahkan ia pernah berlatih dengan memasukkan batu kerikil ke dalam mulutnya hanya untuk melatih artikulasi yang baik saat belajar berpidato.
Adapun 10 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa tampil percaya diri di depan umum yaitu:
1.      Selalu berpikir positif
Berpikir positif merupakan awal dari terciptanya rasa percaya diri. Kendalikan diri Anda dari pikiran buruk dan katakan dalam diri Anda jika semuanya pasti bisa dilalui dengan baik, bahkan badai sekalipun. Ketika di depan umum, maka bayangkan ribuan pasang mata hanya fokus pada anda dan anda adalah “terbaik”. Jadi hailangkan rasa takut dan suara-suara negatif yang terkadang muncul dalam diri Anda kemudian gantikan dengan kalimat yang positif seperti, "Semangat, pasti bisa" atau dalam kalimat Jepangnya “Ganbareba, dekiru!” lalu atur nafas perlahan-lahan.
2.      Bangkitkan motivasi diri
Memotivasi diri sama dengan menyemangati diri terhadap semua pekerjaan yang dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Ibarat menjalankan sepeda, gigi sepeda merupakan alat penting agar sepeda bisa didayung. Sama dengan percaya diri yang tidak akan hadir jika diri sendiri tidak dimotivasi.
3.      Selalu tersenyum
Mengatasi rasa gugup dan tidak percaya diri adalah dengan cara melemparkan senyuman ke orang-orang di hadapan Anda. Sebuah senyuman yang tulus dapat membuat diri Anda merasa jauh lebih baik karena dapat menimbulkan perasaan positif. Senyum menurun survei bisa memperlancar anda melakukan sesuatu dengan percaya diri.
4.      Interaksi mata dengan lawan bicara
Interaksi mata dengan lawan bicara maksudnya memberikan tatapan tegas atau meyakinkan orang-orang dimana anda tampil. Hendaknya interaksi mata hendaknya diikuti dengan tersenyum dan mimik wajah yang meyakinkan sehingga audiens (pendengar) tertarik melihat penampilan anda. Maka rasa percaya diri anda akan bertambah. Cara ini juga berlaku saat wawancara kerja. Jangan menundukkan kepala saat berbicara ataupun menatap dengan tatapan yang kosong. Cara ini mampu menghilangkan rasa takut dan mengusir rasa tidak percaya diri Anda. Dengan berinteraksi dengan audiens, Anda tidak akan merasa terintimidasi maupun rasa stres yang datang seketika pada saat Anda berbicara di depan umum.
5.      Jadilah diri sendiri
Anda tidak perlu contoh atau figure untuk bisa percaya diri karena menjadi diri sendiri akan memberikan karakter tersendiri untuk anda. Ciri tersebutlah yang akan diingat oleh audiens. Sebab, setiap orang adalah pribadi yang unik dan berbeda. Menjadi berbeda itulah nilai plus Anda. Jadilah diri sendiri yang tampil apa adanya, tanpa dibuat-buat atau berpura-pura namun tetap terkonsep dengan baik.
6.      Lawan rasa rendah diri
Orang yang selalu merasa rendah diri tidak akan bisa tampil di depan umum. Walaupun setiap manusia memiliki kekurangan, tetapi usahakan agar kekurangan tersebut justru menjadi kelebihan dan ciri khas anda.
7.      Niatkan memberikan yang “terbaik”
Niat merupakan titik awal dalam suatu kegiatan. Semua yang anda lakukan akan mendapatkan hasil yang terbaik jika niat anda ikhlas dengan keyakinan kuat atas niat-niat tersebut.
8.      Mulailah dengan berdo’a
Awalilah segala sesuatu dengan doa sebelum anda tampil di depan umum. Berdoa merupakan tindakan yang positif yang bisa membantu Anda untuk melalui segala masalah, bahkan di saat situasi tersulit sekalipun. Serta yakinlah, Tuhan akan mendengarkan do’a-do’a anda dan mengabulkannya.
9.      Jangan takut berbuat kesalahan
Kesalahan merupakan hal yang lazim dialami setiap manusia. Tak ada manusia yang sempurna yang benar-benar luput dari kesalahan. Namun, kesalahan tersebut bisa diminimalisir. Kendalikan diri Anda dan segeralah meralatnya, kemudian alihkan topik dan jangan berfokus pada kesalahan yang barusan Anda buat.
10.  Seringlah berlatih bicara sendiri
Sering berlatih bicara sendiri seperti di depan cermin bisa membantu anda meningkatkan rasa percaya diri dan melatih suara anda agar “Lantang, artikulasi jelas dan berstruktur”. Tujuannya agar audiens tertarik dan paham apa yang anda sampaikan. Serta usahakan untuk tidak terlalu cepat berbicara karena hal tersebut bisa membuat suasana menjadi ribut dan akan mengganggu konsentrasi anda. 
Mulai sekarang, apakah anda bisa menumbuhkan rasa percaya diri tersebut????

13 komentar:

  1. Terimakasi atas tulisannya, tipsnya sangat membantu untuk saya yang mengalami gugup saat tampil di depan umum, dan cocok banget untuk di coba😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mb. Sama sama. Semoga bisa diterapkan yak. Tulisan saya juga dri pengalaman pribadi mb. Semngt

      Hapus
  2. kereen ana...penjelasannya rinci dengan bahasa yang mudah dimengerti👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you anil. Tulisan berdasarkan pengalaman pribadi dan masih tetap diaplikasikan nil. Hihi ditunggu ceritanya anil ya

      Hapus
  3. kereen ana...penjelasannya rinci dengan bahasa yang mudah dimengerti👍

    BalasHapus
  4. Ini tips yang bagus..dan bisa dicoba bagi yang kurang pede...dulu saya juga ga pede tapi karena sering latihan jadi pede deh...

    BalasHapus
  5. Bisa lah dicoba...nice share makasih yaa

    BalasHapus
  6. Poin 10 dulu sebagai andalanku sebelum masuk dunia perMc an ,walau sampai sekrang kadang masih gemetar tapi teratasi
    Btw terimakasih kak info nya bagus banget ,

    BalasHapus
  7. sama-sama mba. Semoga makin MANTUL di dunia perMCan ya mba.

    BalasHapus
  8. Tipsnya keren nih. Aku tipe yang kurang PeDe terutama saat di lingkungan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. have a lucky day mb. semangat untuk mengaplikasikannya.

      Hapus

Semoga bermanfaat

Artikel terpopuler